Welcome to my blog xD

Selamat datang di Blog yang sederhana ini.

Silahkan isi pendapatmu di Buku Tamu

Terima kasih

Posted by : Ricky Anggoro Selasa, 25 September 2012


Pernahkah readers,saat sedang presentasi,kita seakan tidak leluasa dalam berpresentasi karena harus memindahkan slide demi slide yang ada dalam data presentasi anda? Mungkin itu bisa diatasi dengan menggunakan Remote yang saat ini dijual bebas di pasaran. Tapi,dengan teknologi yang sudah berkembang saat ini,pernahkah terpikirkan oleh anda,jika anda berpresentasi dengan Handphone Android sebagai remotenya?? Saya akan jelaskan bagaimana caranya.



Saat sedang surfing di dunia internet,teman saya pernah menyarankan,agar saya menggunakan Gmote. Karena saya tidak tahu,akhirnya saya coba untuk mencari tahu di mbah Google. Sampailah saya pada sebuah artikel yang memuat tentang Gmote. Ternyata,Gmote adalah aplikasi yang digunakan untuk memudahkan presentasi. Untuk lebih jelasnya,saya akan berikan capturenya.

                                         (Ini adalah wujud Aplikasinya di handphone saya)





Apa saja kegunaan dari Gmote?? Saya akan jelaskan diantaranya

1. Mengontrol data media (Media player) yang terdapat pada komputer,di Handphone.
2. Mendengarkan music dari komputer ke Handphone.
3. Bisa dijadikan sebagai alternatif Mouse.
4. Dapat mengendalikan presentasi (ex: Ms.PowerPoint)
5. Bisa dijadikan sebagai alternatif Keyboard.


Bagaimana?? Tertarik untuk menggunakan aplikasi Gmote di Gadget Android anda?? Saya akan jelaskan sekarang. Perlu diketahui,bahwasannya App ini ada di PlayStore Android GRATIS!!



On Komputer

Sebelumnya,anda diharuskan untuk memiliki server Gmote. Caranya sebagai berikut :

- Download Gmote Server disini
- Saat membuka link diatas,anda akan menemui tampilan untuk server berdasarkan operating system PC anda,wujudnya,kira-kira seperti ini  (Pilih sesuai dengan tipe OS anda. Saya contohkan dengan memilih OS Windows





-Jika sudah,akan ada Link otomatis download,setelah mendownload,instal program tersebut  (Follow this Instruction on picture)

 
                          (Sorry,foto finishednya gak bisa dibuka,hehe)






Jika sudah terinstal,bukalah program Gmote Server,akan keluar tampilan untuk pengaturan Password server untuk sambungan akses Gmote. Anda diharuskan untuk membuat password.








On Handphone


Setelah menginstal program server Gmote pada komputer,kita juga harus menginstal program Gmote pada Handphone.Bisa didownload di Play Store. Nama app nya,Gmote (Untuk versi terbaru, Gmote 2.0).






Setelah menginstal app Gmote,bisa langsung digunakan. Agar Gmote terhubung dengan komputer,kita harus mennghubungkannya dengan jaringan Wi-Fi. Dibutuhkan jaringan Wi-Fi untuk terhubung dan sebagai media untuk menjalankan program. Jika semisal tidak ada,maka anda tidak perlu khawatir. Android Gadget (saya menggunakan Samsung Galaxy S-5570 *Mini*) sudah dapat membuat koneksi Wi-Fi sendiri.Caranya,buka menu pengaturan,lalu Pilih Wireless and Network





Lalu,Pilihlah Tethering and Portable Hotspot







Pilih Pengaturan Mobile App






Lalu akan ada tampilan untuk mengedit jaringan. Anda dapat mengisi SSID jaringan dengan nama yang Anda inginkan. Anda juga dapat memilih untuk memprotect Jaringan yang akan anda buat dengan WPA2 PSK







Kembali ke menu Tethering and Portable hotspot,kali ini Centang "Mobile App". Akan keluar tanda biru pada taskbar.







 Mengkoneksikan dan Menggunakan Gmote


Untuk menghubungkan komputer dengan Jaringan Wi-fi yang dibuat pada Android kita,anda harus mengecek pada bagian kanan bawah,lalu silahkan hubungkan komputer anda dengan jaringan tersebut




Untuk menghubungkan Gmote dengan komputer,kita harus terlebih dulu mengetahui IP address dari komputer. Cara tercepat agar dapat mengetahuinya dengan klik kanan gmote Server pada komputer-> Help ->Show Local IP Address (Gunakan IP Address jaringan yang dibuat di handphone)


 


Selanjutnya,buka aplikasi Gmote di ponsel Androidnya,lalu tekan tombol pilihan



Pilih Find Server,lalu pilih "Enter IP"




Lalu,ketikkan IP Address yang tadi telah tertera pada komputer (Untuk TCP dan UDP dibiarkan,tidak perlu diganti)



Jika sudah,nanti Gmote akan melakukan koneksi pada Gmote server di komputer,tekan saja tombol power pada pojok kanan Atas.



Akhirnya,Anda bisa menjadikan Handphone android anda menjadi sebuah Remote pada komputer. Inilah salah satu capturenya


                                                (Bisa Browse data dan membuka data )


                         (Bisa menjalankan perintah untuk memainkan musik,tanpa terdeteksi di komputer)



                              (Bisa dijadikan sebagai Mouse,lumayan kalau anda gak punya mouse,hehe)


                                              (Menjalankan file musik,tanpa terdetect di PC)




Bagaimana,apakah anda tertarik?? Cobalah dan rasakan kemudahannya. Anda hanya perlu modal Handphone Android (Saya sarankan minimal Handphone Samsung Galaxy Series,bukan merek China).Jika ada yang kurang paham,silahkan berikan komentar anda,akan saya balas nantinya :)




Credits : http://aantomatika.blogspot.com/2012/08/eksplorasi-gmote-desktop-remote-control.html



(Video yang ingin saya buat,menyusul)

{ 5 komentar... read them below or Comment }

  1. help donk, masuk gmote x g bisa buat password, cz ada dialog box error start vic. terus gimana?

    BalasHapus
  2. Sip..bisa jln meski dg hp cina. Thanx

    BalasHapus
  3. mohon bantuannya gan,,,, sy sdh lakukan seperti tutor diatas,,, tapi pada hp sy muncul pesan "Please enable wifi on your phone, and connect it to the network that your server is on, or enter your IP manually" padahal komputer dengan hp sudah terhubung melalui hotspot hp... sy sdh masukkan IP yang sama tapi tetap tidak bisa,,,,
    mohon bantuannya ,,,,

    BalasHapus

Popular Post

About Me

Foto saya
Cungkring,item,tinggi,itulah saya. Biasa dipanggil Ricky,saya saat ini sekolah di MAN Yogyakarta 1. Seorang yang suka FF (Fanfiction.net),biasanya baca Naruto *terutama Akatsuki. Sambil sesekali main gitar.Terkadang mengamati keadaan politik negeri ini yang carut marut.

Member of

Komunitas Blogger Jogja

- Copyright © 2013 Ricky Blog -Original template, click- Designed by Johanes Djogan - Edited by Ricky Anggoro-