Welcome to my blog xD

Selamat datang di Blog yang sederhana ini.

Silahkan isi pendapatmu di Buku Tamu

Terima kasih

Posted by : Ricky Anggoro Kamis, 27 September 2012

Setelah menjalani UTS di sekolahku,ada sedikit hal yang menarik. Saat UTS,ada satu mapel yang UTS nya cukup ringan,yaitu TIK. UTSnya diselenggarakan online oleh guru saya. Dan ternyata,saat saya lihat,ternyata bentuk UTS nya adalah kuis. Terbesit dipikiran saya untuk membuat kuis seperti guru saya. Namun,mendengar penuturan dari guru saya,bahwa untuk mengupload kuis,harus lewat hosting (Khusus yang Flash). Itupun memakai aplikasi QuizMaker. Jadi memang sudah ada programnya.


Namun,dengan dunia internet yang serba luas,saya akhirnya browsing,dan akhirnya tujuan saya untuk bisa membuat kuis online,bisa terwujud. Ada sebuah website yang menyediakan Fitur kuis online,namanya Proprofs. Tidak perlu hosting untuk menguploadnya ke internet,tapi harus Upgrade (Saya gunakan yang free,untuk coba-coba).Fitur untuk membuatnya GRATIS,hanya saja fiturnya tidak lengkap (ex. tidak bisa memakai file video)


Bagaimanakah cara membuatnya?? Saya akan berikan langkah-langkahnya,disimak yah :)





- buka situs http://proprofs.com/,lalu,seperti biasa,klik Sign Up untuk daftar




 - Akan ada kotak registrasi untuk mendaftar, Daftarlah sesuai dengan apa yang ada (juga tersedia untuk daftar via Facebook dan Twitter). Lalu jika sudah,klik Start Creating Quiz



- Setelah Itu,cek E-mail,ada kiriman dari proprofs tentang aktivasi akun. Ikuti saja link yang diberikan oleh E-mail itu,lalu anda akan disuruh login. Login saja sesuai dengan data registrasi tadi

 - Lalu,jika sudah, pilih menu "Create a Quiz.". Setelah itu,silahkan anda pilih jenisnya. Saya contohkan dengan memilih Scored quiz (kuiz dengan score)



- Jika sudah klik Continue,anda akan dihadapkan pada tampilan Identitas Kuis. Masukkan judul kuis dan deskripsinya. Lalu dibawahnya ada pilihan Add questions. Pilih tipe soal yang akan dijadikan sebagai kuisnya. Saya contohkan dengan memilih Multiple Choice




- Lalu,anda akan dihadapkan untuk membuat soal dan pilihan jawaban. Jangan lupa untuk memberikan Correct Answernya. Lalu jika sudah,anda bisa lanjut membuat soal,dengan "Add Questions 2" atau langsung menyelesaikan Kuis.(Anda bisa ulangi langkah ini untuk menambah soal-soal lagi.)




 - Jika sudah,Klik Save and Continue.



- Jika sudah,akan keluar tampilan mengenai kuis anda. Anda bisa share ke Facebook,Twitter,Website,E-mail, dll. Saya contohkan dengan share lewat blog (dengan memakai menu Embed)



- Setelah menekan Embed,anda akan diberikan kode HTML untuk dipasang pada Blog/Website



- Setelah itu,taruh kode tersebut di Website/Blog anda. Saya contohkan seperti ini (Saya memasang di postingan Blog,pilih HTML mode,bukan Compose)



- Selesai.




Saya punya beberapa kuis buatan saya,bisa dilihat disini dan disini. Jika ada yang ingin ditanyakan,silahkan komentar di bawah ini. Terimakasih :)




 


{ 1 komentar... read them below or add one }

Popular Post

About Me

Foto saya
Cungkring,item,tinggi,itulah saya. Biasa dipanggil Ricky,saya saat ini sekolah di MAN Yogyakarta 1. Seorang yang suka FF (Fanfiction.net),biasanya baca Naruto *terutama Akatsuki. Sambil sesekali main gitar.Terkadang mengamati keadaan politik negeri ini yang carut marut.

Member of

Komunitas Blogger Jogja

- Copyright © 2013 Ricky Blog -Original template, click- Designed by Johanes Djogan - Edited by Ricky Anggoro-