Welcome to my blog xD

Selamat datang di Blog yang sederhana ini.

Silahkan isi pendapatmu di Buku Tamu

Terima kasih

Posted by : Ricky Anggoro Minggu, 03 Maret 2013


Assalamu'alaikum
Hai Readers :) Mumpung saya sebentar lagi mau menghadapi UTS, saya ingin memberikan tips, agar bisa konsentrasi belajar dan efektif. Apa sajakah itu?


1. Niat
Ingat, innamal a'malu binniyat. Belajar juga seperti itu. Niatkan fokus, pikiran, dan seluruhnya untuk belajar. Bukan hanya karena mengejar ulangan, tapi juga karena Allah SWT. Niat adalah hal pertama yang paling penting untuk bisa konsentrasi dalam belajar, dengan diawali niat pastinya kita sudah punya pegangan awal buat belajar, belajar tanpa niat lebih banyak failed dan ilmu yang kita dapat serap sangatlah minim. So Niatkan dalam diri untuk belajar
 


2. Motivasi dan fokus
Setelah niat, cobalah untuk memotivasi diri sendiri. Paculah semangat anda dalam mengejar ujian, pekerjaan, atau apapun. Cara memotivasipun beragam, mulai dari motivasi dari pacar *aduh, gak nyadar saya jomblo*, motivasi karena uang, motivasi untuk lebih baik, dan lain-lain. Lalu, fokus. Fokuskan diri anda dalam belajar, jangan terpengaruh keadaan disekitar anda. Ini bertujuan agar anda dapat menyerap apa yang anda pelajari dengan baik.


 
3. Lingkungan
Setelah motivasi, selanjutnya adalah lingkungan. Lingkungan yang baik untuk belajar adalah lingkungan yang nyaman, aman, dan tidak mengganggu. Sebaiknya pilih lingkungan yang kondusif, dan jauh dari keramaian, semisal ruang belajar, kamar, dan lain-lain.




4. Strategi belajar
Lalu, ada strategi belajar. Strategi belajar dapat disesuaikan dengan kondisi dan teknik yang menurut anda paling nyaman. Strategi belajar juga menjadi faktor penting dalam memahami pelajaran yang telah dipelajari. Di Indonesia, memang terkenal dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam). Tapi, menurut saya, itu kurang baik, karena menguras energi yang banyak dan tidak semua yang dipelajari dapat diserap otak dengan baik. Intinya, pilih strategi yang paling pas untuk anda.
 

5. Istirahat
Jika anda serius dan fokus belajar, jangan lupa untuk istirahat. Istirahat juga perlu, agar dalam menghadapi ujian nanti, kita tidak capek karena semalaman belajar. Istirahat yang cukup, agar kesehatan anda tetap fit, dan dapat mengerjakan ujian dengan baik.




6. Doa
Ini juga sangat Penting, doa. Apalah arti usaha kita, jika tidak dibarengi dengan doa. Dengan doa dan ikhtiar, insya allah apa yang kita harapkan pasti akan dikabulkan Allah SWT, dijamin.



Masih banyak tips lain yang mendukung. Namun, tips diatas merupakan kunci agar kita dapat belajar efektif. Semoga bermanfaat, Wassalamu'alaikum

{ 1 komentar... read them below or add one }

Popular Post

About Me

Foto saya
Cungkring,item,tinggi,itulah saya. Biasa dipanggil Ricky,saya saat ini sekolah di MAN Yogyakarta 1. Seorang yang suka FF (Fanfiction.net),biasanya baca Naruto *terutama Akatsuki. Sambil sesekali main gitar.Terkadang mengamati keadaan politik negeri ini yang carut marut.

Member of

Komunitas Blogger Jogja

- Copyright © 2013 Ricky Blog -Original template, click- Designed by Johanes Djogan - Edited by Ricky Anggoro-