Welcome to my blog xD

Selamat datang di Blog yang sederhana ini.

Silahkan isi pendapatmu di Buku Tamu

Terima kasih

Posted by : Ricky Anggoro Selasa, 23 April 2013

Hai guys, lama yah gak menyapa, ehehe. Maaf yah, kemarin laptop habis diservice. Ternyata masalahnya ada di Harddisk dan Chipset.

Nah, kali ini sesuai judul postingan, saya akan memberikan tips ''Defrag Harddisk''. Sebenarnya apa sih Defrag Harddisk itu, dan gunanya untuk laptop/PC? Simak berikut.

Kemarin, saat mengambil laptop di tempat service, tukang service nya bilang agar saya sering-sering mendefrag harddisk. Yah, karena saya jarang sekali mendefrag harddisk, walaupun caranya mudah.

Defrag Harddisk adalah proses untuk menata ulang file-file yang terpecah-pecah, dan menyatukannya. Tujuan dari Defrag Harddisk itu memindahkan data-data yang terpencar dan terpecah-pecah, agar dikumpulkan dalam satu kelompokan. Hal ini juga dapat membuat harddisk anda lebih tahan lama. Lalu, seberapa seringkah kita harus mendefrag harddisk? Sebaiknya anda mendefrag harddisk dalam jangka waktu tertentu, sesuai pemakaian laptop.


1- 1 Bulan sekali.
Ini dapat anda lakukan jika pemakaian PC/Laptop anda :

  1. Menggunakan internet berjam-jam tiap hari
  2. Sering melakukan instalasi atau uninstall program-program di komputer Anda
  3. Sering menambah dan menghapus file dalam skala besar
  4. Sering bekerja dengan program-program editing grafis
 1- 2 Bulan Sekali.
Ini dapat anda lakukan jika pemakaian PC/Laptop anda:
  1. Menggunakan internet beberapa jam tiap hari
  2. Kadang-kadang melakukan instalasi atau uninstall program-program di komputer Anda
  3. Terkadang menambah atau menghapus file, namun masih dalam kapasitas yang tidak terlalu besar
  4. Terkadang bekerja dengan program-program editing grafis (Photoshop, After Effects, Premiere, dll)
2- 3 Bulan sekali.
Ini dapat anda lakukan jika pemakaian PC/Laptop anda:
  1. Menggunakan internet hanya sebentar saja tiap harinya
  2. Jarang melakukan instalasi atau uninstall program-program di komputer Anda
  3. Koleksi file Anda kecil, hanya beberapa giga, dan jarang Anda tambahi atau kurangi
Adapun sebelum saya akan menjelaskan cara-cara mendefragnya, kita juga harus mempertimbangkan seringnya Defrag, karena sering mendefrag Harddisk juga beresiko untuk Harddisk anda.


Proses defrag merupakan kegiatan komputer yang langsung berhubungan dengan aktifitas harddisk. Ketika proses defrag berjalan, maka aktifitas harddisk pastinya akan sangat besar, baik itu pembacaan maupun penulisan. Proses pembacaan akan terjadi ketika menganalisa file mana saja yang terfragmentasi maupun file yang lokasinya tidak sesuai dan proses menulisan akan terjadi ketika terjadi pemindahan file yang dianggap tidak sesuai dengan lokasi yang seharusnya.

Dengan adanya aktifitas tersebut, pastinya akan terjadi proses baca tulis file yang berulang kali. Nah, harddisk juga dari pabriknya pasti sudah disetting akan kemampuna baca dan tulisnya. Dengan melakukan proses baca tulis (defrag) yang berulang kali tentunya akan menyebabkan jatah baca tulisnya akan semakin berkurang hingga sampai masa rusaknya.

Jadi, mendefrag Harddisk tidak harus setiap hari. Defrag Harddisk anda jika memang sudah waktunya. Tentu kita ingin agar Harddisk kita berumur panjang bukan?

Cara-cara mendefrag harrdisk cukup sederhana.
Anda klik Start -> All Program ->Accesories -> System tools -> Disk defragment-> Pilih Analize disk -> setelah proses selesai, pilih Defragment Disk -> Tunggu sampai selesai.


Oke, itu saja yang bisa kutulis malam ini, semoga bermanfaat, dan kalau ada yang mau ditanyakan, silahkan isi kolom komentar :D


   

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

About Me

Foto saya
Cungkring,item,tinggi,itulah saya. Biasa dipanggil Ricky,saya saat ini sekolah di MAN Yogyakarta 1. Seorang yang suka FF (Fanfiction.net),biasanya baca Naruto *terutama Akatsuki. Sambil sesekali main gitar.Terkadang mengamati keadaan politik negeri ini yang carut marut.

Member of

Komunitas Blogger Jogja

- Copyright © 2013 Ricky Blog -Original template, click- Designed by Johanes Djogan - Edited by Ricky Anggoro-