Welcome to my blog xD

Selamat datang di Blog yang sederhana ini.

Silahkan isi pendapatmu di Buku Tamu

Terima kasih

Posted by : Ricky Anggoro Minggu, 21 Oktober 2012

Courtesy www.rimanews.com


Berbicara mengenai politik,saya jadi teringat akan suatu kesukaan saya. Yak,saya pernah saat kecil dulu,saya ingin menjadi pengamat politik. Tapi itu kali ini tak akan ada kaitannya pada postingan kali ini.

Jika berbicara mengenai politik,apakah yang dimaksud dengan Politik? Dan bagaimana keadaan politik di negeri kita ini?


Politik,menurut pandangan saya adalah sistem ketatanegaraan dan sistem pemerintahan dalam suatu negara. Politik bisa diartikan sebagai salah satu faktor keberhasilan negara dalam membangun negara.Jika suatu negara keadaan politiknya stabil,maka negara itu bisa dikatakan cukup baik. Lalu bagaimana dengan Indonesia? hmm,sepertinya kita bisa lihat saat ini.

Indonesia,seperti yang kita tahu,telah mengalami banyak sekali keadaan politik. Hal itu membuat Indonesia menjadi tak stabil.


Masih ingatkah anda,apakah sistem politik yang digunakan oleh Indonesia pada zaman dahulu?? Yap,Parlementer. Indonesia dahulu menggunakan sistem yang diadopsi dari zaman kolonial Belanda ini. Sistem ini sepertinya kurang begitu pas untuk Indonesia saat itu,sehingga Indonesia akhirnya menggantinya dengan sistem politik Otoriter. Di bawah arahan Bung Karno,Indonesia bergerak menuju kearah positif. Namun,imbasnya,banyak perlawanan dari kalangan pemberontak. Misalnya,perlawanan Partai Komunis yang tidak menyukai dengan sistem Politik Indonesia saat itu dan ingin menggantinya dengan yang ideologi politik yang mereka inginkan,Komunis.


Setelah kejadian PKI tersebut,Indonesia mengalami suatu pergolakan. Setelah Bung Karno wafat,maka penggantinya,Pak Suharto pun mulai menata ulang sistem politik  Indonesia,yang dikenal dengan Orde Baru. Di masa Orde Baru itu,sistem politik Indonesia mulai membaik. Namun,politik ini lebih menjurus pada sistem pemerintahan layaknya "Monarkhi Absolut". Buntutnya,adalah krisi ekonomi tahun 1998. Rakyat Indonesia saat itu menentang dengan keras Pak Suharto. Akhirnya,Pak Suharto mundur dari jabatannya,dan digantikan oleh wakilnya saat itu,Pak Habibi.


Sejak itu,sampai sekarang,Indonesia mengalami sistem baru,'Reformasi'. Namun,apakah Indonesia saat ini telah merasakan yang namanya Reformasi?


Patut dipertanyakan. Karena saat ini,jika menilik pada Indonesia saat ini,sepertinya Indonesia justru berada dalam masa "Kritis". Mengapa?


Saat ini,Indonesia tidak dalam kondisi yang tidak bagus. Salah satunya mungkin karena pengaruh barat. Indonesia tidak bisa dipungkiri,telah menghadapi arus globalisasi,sehingga dalam hal ini,Indonesia sudah mulai terpengaruh pada politik barat.

Namun,apakah hanya itu saja? Tidak. Saat ini,Indonesia digerogoti oleh sebuah virus,yang sangat mematikan. Apakah itu? KORUPSI. Yap,Indonesia saat ini,bahkan menempati urutan ke 63 negara Gagal. Apakah itu sebuah prestasi? Bukan,itu adalah aib.

Korupsi,telah membutakan para pejabat dan seluruh tatanan pemerintahan di Indonesia. Korupsi,membuat orang kecil makin tertindas,dan wakil rakyat bergelimangan. Wakil Rakyat yang seharusnya menjadi wakil dari seluruh rakyat Indonesia,malah banyak yang tertangkap kasus Korupsi. Tak hanya itu,bahkan,Hakim pun,sudah dengan sangat mudah untuk di Suap. Advokat,yang baru saja kemarin disebutkan oleh Wamenkumham, Pak Deny Indrayana,adalah Koruptor. Tak tau apa yang menjadi dasar pikiran Pak Wamen dalam twitternya tersebut. Namun,ini semakin mengindikasi,bahwasannya politik di negeri ini saat ini dalam masa "Kritis",sehingga membutuhkan sebuah perubahan,dan itu harus segera dilakukan,jika Indonesia tak ingin tenggelam dalam bayang-bayang negera gagal,seperti yang dialam negara Somalia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

About Me

Foto saya
Cungkring,item,tinggi,itulah saya. Biasa dipanggil Ricky,saya saat ini sekolah di MAN Yogyakarta 1. Seorang yang suka FF (Fanfiction.net),biasanya baca Naruto *terutama Akatsuki. Sambil sesekali main gitar.Terkadang mengamati keadaan politik negeri ini yang carut marut.

Member of

Komunitas Blogger Jogja

- Copyright © 2013 Ricky Blog -Original template, click- Designed by Johanes Djogan - Edited by Ricky Anggoro-