Welcome to my blog xD

Selamat datang di Blog yang sederhana ini.

Silahkan isi pendapatmu di Buku Tamu

Terima kasih

Posted by : Ricky Anggoro Minggu, 21 Oktober 2012


Hmm,saat ini,aku baru menjalani kira-kira 4 Bulan berada di Kota Yogyakarta,dan baru 3 Bulan sekolah di MAN Yogyakarta 1. Pernah terbesit di benak saya dahulu,ketika akan memilih Sekolah lanjutan selepasnya dari SMP,mengapa saya memilih Jogja? Apa istimewanya Jogja,bagi saya,emm atau bagi para pelajar?Oke,saya akan bahas itu,tapi bukan hanya karena pandangan pribadi saya,tapi pandangan umum.






Pertama,yang membuat Jogja itu Istimewa,tentu karena namanya,Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah beberapa tahun terjadi gonjang-ganjing mengenai pembahasan RUUK DIY,akhirnya DIY mendapatkan Undang-undang Keistimewaan. Belum lagi,Jogja baru saja berulang tahun ke-256 pada tanggal 7 Oktober lalu. Saat itu,banyak para pelajar dari sekolah-sekolah tertentu (Sekolah saya tidak menerapkan) menerapkan penggunaan baju adat Jawa. Bukankah itu sudah mencerminkan,bahwa Jogja itu Istimewa? Lanjut.





Kedua, Jogja adalah kota Pelajar. Di Indonesia,kota pelajar ya di Jogja. Terbukti,dengan adanya Universitas Gadjah Mada,sebagai Universitas nomor wahid di Indonesia,dan Universitas-universitas lainnya yang tidak kalah bagusnya. Hal itu membuat Jogja dibanjiri para pelajar dari kota-kota lain di Indonesia,hanya untuk belajar di Jogja. Bahkan,saya sendiri pun mengakui sistem pendidikan di Jogja sudah cukup bagus,meskipun saya sendiri kadang keteteran dengan pelajaran di kelas,hehe.


(Halaman Universitas Gadjah Mada)
                       
Ketiga,ramah. Yak,ramah. Para penduduk kota Jogja mempunyai sifat yang ramah terhadap sesama. Budaya Jawa memang terkenal ramah terhadap siapapun. Jadi,jangan heran jika anda berlibur di Jogja,anda akan merasakan suasana yang tentram dan nyaman, sesuai dengan motto kota Jogja,yaitu "Jogja berhati Nyaman". Para pelajar yang datang dari berbagai kota di Indonesia,termasuk saya,akan disambut oleh masyarakat Jogja dengan ramah. Sekali lagi,apa itu sudah cukup membuktikan bahwa Jogja kota yang istimewa bagi pelajar? Oke lagi.





Keempat, Murah. Yap,murah. Kenapa murah? Biaya hidup di Jogja,relatif murah dibandingkan dengan daerah lain,contohnya Jakarta. Jika di jakarta yang terkenal dengan kota metropolitan itu kita bisa menghabiskan uang Rp. 30.000,00 , maka,di Jogja anda bisa berhemat mulai dari Rp.10.000,00 hingga Rp.15.000,00. Di Jogja,biaya sewa kamar Kost relatif terjangkau. Di tempat saya (Kebetulan rumah keluarga saya di Jogja ini menyediakan sewa kamar kost.), harga sewa kamar perbulannya (ukuran 3x3 meter) sekitar Rp.350.000,00 (Maaf,sedikit promosi). Mungkin di tempat lain,lebih murah lagi. Belum lagi,di Jogja banyak toko-toko yang menjajakan barangnya dengan label "Harga Pelajar". Jadi,jika anda ingin studi di Jogja,anda tak perlu berpikir terlalu lama dengan masalah biaya.





Kelima,kuliner. Yak,Kuliner. Kenapa? Karena kuliner di Jogja juga salah satu kuliner yang cukup beragam,mulai dari Gudeg,Bakpia,hingga aneka oleh-oleh khas Jogja. Belum lagi,Jogja terkenal dengan warung 'Angkringan' yang tersedia banyak sekali di pinggir-pinggir jalan. Inilah favorit para pelajar,atau bahkan warga Jogja. warung Angkringan ini berisi makanan khasnya,yaitu nasi kucing,dengan jajanan gorengan dan lainnya,serta untuk minumnya tersedia es teh,wedang jahe,dan masih banyak lagi. Soal harga,angkringan jangan diragukan. Cukup Rp.5.000,00 sampai dengan Rp.10.000,00 anda sudah memenuhi kantong lambung anda,hehehe.


(Tempat biasa saya nongkrong sebelum pulang kerumah)



Sebenarnya masih banyak lagi yang membuat Jogja istimewa di mata pelajar,namun hanya itu saja yang bisa saya jabarkan,nanti lain kali mungkin ditambah,hehe


Sekian,dan Terima kasih :)

{ 1 komentar... read them below or add one }

Popular Post

About Me

Foto saya
Cungkring,item,tinggi,itulah saya. Biasa dipanggil Ricky,saya saat ini sekolah di MAN Yogyakarta 1. Seorang yang suka FF (Fanfiction.net),biasanya baca Naruto *terutama Akatsuki. Sambil sesekali main gitar.Terkadang mengamati keadaan politik negeri ini yang carut marut.

Member of

Komunitas Blogger Jogja

- Copyright © 2013 Ricky Blog -Original template, click- Designed by Johanes Djogan - Edited by Ricky Anggoro-